Paman Birin Masuk Penilaian Kepala Daerah Berprestasi

0
7

RAPAT BERSAMA- Tim Kemendagri melakukan rapat bersama dengan stakeholder terkait untuk menghimpun informasi secara langsung tentang kepemimpinan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, sebagai salah satu bagian penting penilaian Leadership Award 2017, Rabu (1/10/2017).

Banjarbaru – Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia memberikan apresiasi positif terhadap kepemimpinan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, atas upaya peningkatan kinerja pembangunan daerah melalui kebijakan terukur dan komprehensif.
Sebagai wujud apresiasi, saat ini Tim Kemendagri sedang melakukan observasi atau penilaian dengan menghimpun informasi dari stakeholder terkait tentang implementasi visi misi, kreativitas dalam melaksanakan roda pembangunan daerah serta sinergitas memantapkan program prioritas pembangunan nasional.
“Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor termasuk salah satu dari sepuluh gubernur lainnya di Indonesia, yang saat ini sedang dinilai atau diobservasi Tim Leadership Award 2017 dari pusat,” terang Asisten I Bidang Pemerintahan Setdaprov Kalsel, H Siswansyah SH MH, usai mengikuti rapat bersama pejabat Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri di Ruang Rapat Sekdaprov Kalsel, di Banjarbaru, Rabu (1/11).
Dikemukakan, dalam observasi tersebut Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bersama dengan kejaksaan, POLRI, partai politik, tokoh Masyarakat, dunia usaha (kandinda), perguruan tinggi serta media lokal memberikan informasi tentang sosok Gubernur Kalsel atau lebih akrab disapa Paman Birin dalam menggerakan roda pemerintahan.
Menurut Siswansyah banyak kemajuan di era pemerintahan Gubernur Kalimantan Selatan, di antaranya percepatan pengembangan Bandara Syamsudin Noor, pembuatan jalan poros desa menghubungkan antar kabupaten yang dulunya sulit diakes, inovasi penyerapan aspirasi langsung turun ke desa serta sejumlah program kreatif pembangunan lainnya.
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Prov Kalsel Kurnadiansyah, SSos menambahkan, Gubernur Kalimantan Selatan dinilai sukses dalam membangun Kalimantan Selatan yang lebih baik.
Ini terbukti lebih dari 16 penghargaan yang telah diterima selama menjabat. Tidak hanya itu, gubernur juga termasuk kepala daerah yang peduli terhadap edukasi nyata dalam menghidupkan nilai-nilai sejarah perjuangan pahlawan nasional maupun pahlawan daerah .
Hal itu diwujudkan misalnya dengan menggagas film dengan berjudul Perang Banjar dan beliu termasuk menjadi salah seorang pemain dalam film tersebut.
Kasubbid Provinsi Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri RI, Muksin S Sos, mengatakan, pada tahun 2017 ini Kementerian Dalam Negeri melalui Badan Penelitian dan Pengembangan menyelenggarakan kegiatan Prioritas Nasional tentang pemberian penghargaan kepemimpinan kepala daerah dalam memajukan daerahnya.
Kinerja gubernur akan dilihat apakah sudah menjalankan visi dan misinya, kapabilitas, , akseptabilitas, integritas, kapabilitas , rekam jejak, inovasi, kepuasan masyarakat terhadap layanan publik, serta kajian litbang. Penilaian juga bisa dilihat dari regulasi yang dibuat dan dijalankan, serta menjalin hubungan baik dengan DPRD, jajaran birokrat dan masyarakat.
Disampaikan, tim penilai kegiatan prioritas nasional tentang pemberian penghargaan kepemimpinan kepala daerah dalam memajukan daerahnya adalah para pakar atau narasumber independen, obyektif dan profesional. Mereka berjumlah 7 orang di antaranya adalah Prof Dr R Siti Zuhro, Prof Muchlis Hamdi , Prof Firmansyah, Kris Budiarjo, Dr Aat surya Safaat, Robert Endi Jaweng dan Dr Ari Anggorowati. (humpro)