Paman Birin: Ketua RT/RW Pahlawan Birokrasi

0
2

MEMBANGGAKAN- Acara pelantikan Ketua RT/RW se Kecamatan Banjarmasin Utara, di Lapangan Borneo Futsal, Jl AMD, Kelurahan Alalak Tengah, Selasa (14/11/2017), dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor dan Wali Kota Banjarmasin Ibu Sina.

Banjarmasin- Acara pelantikan Ketua RT dan RW Periode 2017-2020, se Kecamatan Banjarmasin Utara, berlangsung di Lapangan Futsal Borneo, Jl AMD, Kelurahan Alalak Tengah, Selasa (14/11/2017), terasa sangat istimewa.
Pasalnya, sebanyak 300 lebih Ketua RT/RW dari 10 Kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Utara, mengaku seakan bermimpi melihat Gubernur H Sahbirin Noor berhadir di tengah-tengah mereka.
“Kami benar-benar seakan bermimpi, Paman Birin (sapaan akrab gubernur, red) berkenan hadiri di acara pelantikan Ketua RT/RW,” ucap H Syam’ani, Ketua RT 20, Kelurahan Pangeran, Kecamatan Banjarmasin Utara.
H Syam’ani mengatakan , sejak Kota Banjarmasin berdiri hingga memasuki usia 491 tahun sekarang , sepengetahuannya baru kali ini pelantikan Ketua RT/RW dihadiri langsung oleh gubernur.
Paling membuat mitra kerja lurah ini gembira , lanjut H Syam’ani , adalah apresiasi Paman Birin terhadap profesi Ketua RT/RW dengan menyebut Ketua RT/RW adalah pahlawan birokrasi tanpa tanda jasa.
“Kami benar-benar salut dengan sosok Paman Birin. Beliau boleh kami sebut tokoh peretas sejarah Banua. Sepengetahuan saya belum pernah sepanjang sejarah Kota Banjarmasin, pelantikan Ketua RT/RW dihadiri langsung oleh gubernur,” ucap HM Syama’ni Ketua RT 20, Kelurahan Pangeran.
Diutarakan Syam’ani , sosok Paman Birin yang sederhana dan merakyat sangat serasi dengan gaya kepemimpinan beliau yang jauh dari kesan-kesan biroraktis. Bahkan beliau datang ke sini (tempat acara, red) tidak dikawal ajudan dan tidak menggunakan mobil dinas tetapi menggunakan sepeda motor biasa.
Bangga masyarakat kepada Paman Birin juga diutarakan Sagera Ruhya Ketua RT 2, Antasan Kecil Timur. Menurut Sagera sosok gubernur sekarang sangat familiar di kalangan para ketua RT dan RW. Beliau tidak hanya pandai bergaul tetapi juga berjiwa sosial tinggi terlebih untuk masyarakat yang benar-benar memerlukan bantuan.
“Bagi kami Paman Birin sosok pemimpin yang layak diacungi jempol. Sosok pribadi beliau benar-benar menyenangkan rakyat , ” ucap Uhud Yuliano, Lurah Alalak Tengah.
Camat Banjarmasin Utara Apiluddin mengucapkan terima kasih atas kedatangan gubernur di acara pelantikan mitra kerjanya itu. Nasihat dan motovasi beliau agar masyarakat terus meningkatkan kebersamaan dan kekeluargaan sebuah petuah menyejukan. |
“Terima kasih kami juga ucapkan kepada Wali Kota Ibu Sina dan Wakil Wali Kota H Hermansyah yang turut berhadir dan mengucapkan selamat dengan para ketua RT/RW,” tandasnya.
Sementara itu Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor usai menghadiri acara pelantikan mengatakan, motivasi dirinya berhadir di tengah -tengah ketua RT/RW dilatari panggilan amanah yang memang seharusnya dilakukan.
“Sejatinya seorang pemimpin harus selalu dekat dengan rakyat. Tanpa rakyat tidak ada pemimpin karena rakyat lah yang memilih pemimpin,” ucapnya seraya mengatakan salah satu elemen masyarakat yang turut berjasa membangun daerah adalah para Ketua RT/RW karena mereka termasuk pahlawan birokrasi tanpa tanda jasa. *