Paman Birin Terus Ukir Prestasi Nasional – Giliran Menteri Siti Nurbaya Anugerahi Tokoh Peduli Lingkungan

0
1

TANAM POHON- Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat melakukan penanaman pohon di salah satu sekolah menengah atas di Kota Banjarmasin. Kegiatan ini bagian dari edukasi kepada pelajar agar turut memelihara dan melestarikan lingkungan dalam wujud aksi nyata.

Jakarta- Masyarakat Kalimantan Selatan, patut bersyukur dan berbangga memiliki seorang sosok kepala daerah yang tidak pernah lelah memberikan keteladanan nyata untuk merawat, memelihara dan mencintai lingkungan.
Melalui Gerakan Revolusi Hijau, Menanam, Menanam dan Terus Menanam untuk Anak Cucu Kita, nama H Sahbirin Noor atau Paman Birin, sapaan akrabnya, sebagai inisiator penggerak , kini semakin familiar di tingkat nasional , terlebih di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.
Berlatar dari dedikasi dan komitmen teguh terhadap upaya pelestarian lingkungan di Kalimantan Selatan , melalui Gerakan Revolusi Hijau, pemerintah memberikan apresiasi sebagai kepala daerah yang layak mendapatkan penghargaan nasional.
“Alhamdulillah Gubernur Kalsel, berhasil meraih anugerah sebagai kepala daerah peduli lingkungan melalui Lomba Penanaman dan Pemeliharaan Pohon Tahun 2016 Tingkat Nasional,” terang Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, Dr H Hanif Faisol Nurrofiq, usai menghadiri Peringatan HUT ke 57 Kabupaten Tanah Laut, Senin (4/12/2017).
Dijelaskan Dr Hanif, pemberian penghargaan tersebut dilatari hasil penilaian panjang dari tim ahli kementerian lingkungan dan para tokoh-tokoh penggiat lingkungan. Semua daerah memiliki kesempatan sama untuk memenangkan lomba ini dengan berbagai inovasi karya bagi kelestarian lingkungan.
Untuk Lomba Penanaman dan Pemeliharaan Pohon 2016 Tingkat Nasional, selain Gubernur Kalsel yang akan menerima penghargaan juga ada nama dua gubernur lainnya, yakni Gubernur Sumatera Tengah, H Longki Djanggola dan Gubernur Sumatera Utara, H Tengku Erry Nuradi.
Nama pemenang lomba lingkungan nasional itu, sebut Hanif berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK: 638/MENLHK/PDASHI/DAS. I/11/2017 tentang Pemenang Lomba Penanaman dan Pemeliharaan Pohon Tahun 2016 Tingkat Nasional ditandatangani Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya.
Undangan untuk menerima penghargaan, lanjut alumni S3 Universitas Brawijaya Malang ini telah diterima. Gubernur diundang Menteri Lingkungan Hidup dan Kehuaanan RI dalam sebuat event lingkungan tingkat nasional, di Yogyakarta pada Sabtu 9 Desember 2017.
Keberhasilan Kalimantan Selatan meraih prestasi tertinggi di bidang penanaman dan pemeliharaan pohon ini juga tidak lepas dari peran nyata masyarakat dan stake holder terkait serta insan masyarakat kehutanan. Berbagai kegiatan penanaman pohon maupun kegiatan lingkungan partisipasi masyarakat cukup besar melalui berbagai peran.
“Kami Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalsel dan jajaran, stake holder terkait, penggiat lingkungan serta seluruh komponen masyarakat yang selalu membantu dalam upaya bersama melestarikan lingkungan,” ucapnya.
Sementara itu Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, mengungkapkan terima kasih dan syukurnya atas kepercayaan pemerintah memberikan penghargaan di bidang lingkungan khususnya di bidang penanaman dan pemeliharaan pohon.
“Prestasi ini adalah milik masyarakat Kalsel atas kerja bersama mendukung program revolusi hijau. Mari kita terus menghijaukan Banua dengan menanam, menanam dan terus menanam untuk anak cucu kita,” tandas Paman Birin, yang baru-baru tadi juga meraih penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Tokoh Peduli Pendidikan. (humpro)