Paman Birin Berpidato dengan Bahasa Inggris

0
7

BERBAHASA INGGRIS- Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, menggunakan Bahasa Inggris, saat menyampaikan pidato pada Apel Gelar Pasukan Satpol PP dan Damkar, di Perkantoran Setdaprov Kalsel, di Banjarbaru, Senin (11/12/2017).

Banjarbaru, Ratusan peserta Upacara Gelar Pasukan Satpol PP, Satuan Perlindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran, Senin (11/12/2017), berdecak kagum dengan penyampaian pidato Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor.
Pasalnya, Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel menyampaikan pidato dengan menggunakan Bahasa Inggris. Semua peserta upacara, termasuk para pejabat yang mengikuti apel tampak kagum, dengan penyampaian pidato sang gubernur.
Ditemui usai memimpin upacara di area Kantor Sekretariat Daerah Pemprov Kalsel, di Banjarbaru, Paman Birin, menjelaskan, pertimbangannya menggunakan Bahasa Inggris saat berpidato adalah untuk memberikan motivasi kepada para pegawai di lingkungan Pemprov Kalsel,agar turut menguasai bahasa asing terutama Inggris.
“Semua kita harus mencita-citakan bahwa suatu saat Kalsel akan mendunia dalam segala bidang, termasuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu jembatan menuju cita-cita itu adalah kita harus menguasai Bahasa Inggris,” ucapnya.
Di lingkungan Pemprov Kalsel, lanjut Paman Birin, sudah dimulai pembiasaaan percakapan dengan mengggunakan bahasa Inggris sesuai dengan tingkat kemahiran.
“Kalaupun belum mahir betul, tidak mengapa karena dalam proses pembelajaran. Jika dilakukan secara rutin, Insya Allah akan terbiasa,” ucapnya.
Paman Birin menambahkan, seorang aparatur sipil negara (ASN) di era sekarang penting menguasai bahasa asing. Sebab suka atau tidak suka pengusaaan bahasa asing terutama Inggris akan memberikan manfaat bagi ASN.
Penggunaan Bahasa Inggris sendiri, sebut gubernur, untuk tahap awal bukan sebuah kewajiban. Tetapi sekadar imbauan untuk menambah pengusaan bahasa.
Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Drs H Abdul Haris Makkie, MSi, sebelumnya juga memberikan motivasi agar ASN di jajarannya mulai sekarang belajar atau lebih memantapkan pengusaan Bahasa Ingris.
“Mari kita secara bersama terus belajar dan belajar, termasuk mempelajari kosa kata Bahasa Ingris Mungkin hari ini kita mampu mengingat dua atau tiga kosa kata. Jika setiap hari kita belajar dan mengingat kosa kata yang lain, tentu seiring waktu kita akan mahir berbahasa Inggris,” tandas sekdaprov. Baru kali ini dalam sejarah di lingkungan Pemprov Kalsel, seorang kepala daerah menggunakan Bahasa Inggris dalam menyampaikan pidato. (humpro)