Ijtima’ MUI Harumkan Kalsel

0
4

 

BANJARBARU– Sebagai tuan rumah Penyelengara Ijtima Ulama Komisi Fatwa MUI ke Indonesia ke-6 2018, Kalsel akan menjadi perbincangan nasional.

“Kegiatan Ijtima’ MUI tidak hanya bernilai sejarah bagi edukasi keagamaan, tetapi juga turut mengharumkan Kalimantan Selatan,” ujar Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, usai menerima Panitia Daerah Ijtima Ulama Komisi Fatwa Majelis MUI se Indonesia, Selasa (10/4).

Berkaitan dengan kegiatan yang dilaksanakan pada 7-10 Mei 2018, Paman Birin, sapaan akbar Gubernur Kalsel ini, menaruh harapan besar kepada seluruh komponen masyarakat dan stakeholder terkait turut memberikan dukungan agar kegiatan berjalan sesuai harapan.

“Saya atas nama pemerintah daerah dan masyarakat, sangat bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan MUI Pusat yang memilih Kalsel sebagai tempat penyelenggaraan Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa MUI se Indonesia ke 6 Tahun 2018,” katanya.

Menurut Paman Birin, kiprah dan jasa para ulama bagi pembangunan negara dan daerah sangat besar, terutama dalam memelihara kesejukan umat. Peran ulama semakin menguatkan semangat ikhtiar bersama mewujudkan pembangunan yang lebih baik lagi.

Selain doa ulama, kata gubernur, ada tiga pilar utama lain yang sangat menentukan keberhasilan pembangunan. Mereka adalah masyarakat, swasta (pengusaha) dan sinergitas antar pemerintahan itu sendiri, yakni pusat, provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

Empat pilar pembangunan daerah itulah yang akan menjadikan mesin birokrasi agar bergerak cepat mewujudkan visi dan misinya. Tanpa empat pilar utama, sebaik apapun perencanaan yang telah disusun pasti tidak akan berjalan sesuai harapan.

Terkait kegiatan Ijtima MUI se Indonesia, Paman Birin mengharapkan, H-3 semua proses persiapan sudah bisa diselesaikan. Semua harus bergandengan tangan agar event nasional bisa terselenggara dengan baik dan mengharumkan namabaik Kalimantan Selatan.

“Pemerintah daerah akan mendukung penuh sesuai kewenangan dan kemampuan, mengingat nilai strategisnya kegiatan ini bagi kepentingan bangsa, negara dan masyarakat,” tandas gubernur.

Sementara Sekretaris Umum MUI Kalsel, KH Fadli Mansoer, didampingi H Hafiz Ansyari, H Hamidhan, dan Akhmadsyah, mengucapkan terima kasih atas dukungan bagi persiapan dan pelaksanaan Ijtima’ MUI Komisi Fatwa se Indonesia.

“Kita mendoakan semoga apa yang menjadi harapan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor akan terwujud, dan kegiatan Ijtima’ MUI berjalan sesuai harapan,” ujar Fadli Mansoer. (bdm/foto: bambang)