Ketua MPR Bangga Pakai Sasirangan

0
3

JAKARTA – Didaulat sebagai sponsor utama HUT Taman Mini Indonesia Indah ke-43, Provinsi Kalsel mengawali dengan tampilan memukau pada pembukaan acara itu di Pendopo Sasono Agung TMII, Minggu (15/4).

Mengusung tema Taman Mini Indonesia Indah Wajah Budaya Indonesia dengan sub tema: Seni Diusung, Budaya Dijunjung, Banua Bauntung, dibuka Ketua MPR Dr. (HC) Zulkifli Hasan,SE.MM.

Menurut Zulkifli Hasan, keberadaan TMII merupakan pusat peradaban, budaya dan pembelajaran bagi masyarakat Indonesia.

Zulkifli juga memuji busana khas kain sasirangan yang dikenakannya. “Saya mengucapkan terima kasih kepada sponsor utama HUT TMII ini, Sasirangannya keren. Ini merupakan ajang promosi daerah di tingkat nasional” kata Zulkifli.

Sementara Wakil Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan, mengungkapkan, Kalsel yang diberi kesempatan menjadi sponsor utama HUT TMII, dapat memperkenalkan kekayaan, keragaman budaya yang terbentuk dari interaksi dan asimilasi berbagai suku dan agama di Kalsel.

Wagub juga berharap pegelaran seni dan budaya dari Kalsel yang ditampilkan pada HUT TMII dapat menjadi hiburan bagi masyarakat dan memperkaya kebudayaan dan kesenian Indonesia.

Pada HUT TMII ini, Kalsel menampilkan carnival sasirangan yang diikuti oleh empat kabupaten/ kota, yakni Banjarbaru, Banjarmasin, Tabalong dan Barito Kuala.

Carnival sasirangan ini mendapat perhatian para undangan yang berhadir. Apalagi carnival sasirangan ini mengusung dari beberapa tokoh legenda sejarah Kalsel, seperti Pangeran Surianata, legenda Datu Aling dan Baarak Naga serta kekhasan Kalsel lainnya yang tergambar pada pakaian yang dikenakan peserta carnival sasirangan.

HUT ke-43 TMII jatuh tepat pada 20 April mendatang. Rencananya akan dihadiri Presiden Jokowi. Kalsel juga diberikan kesempatan untuk dapat memamerkan produk unggulan dari 13 kabupaten/kota lewat standnya masing-masing. (dev/foto: ist)