Sanksi Tegas Ancam ASN tak Netral

0
4

41d2-3623ljcgd1m8rirlb5b216

BANJARBARU– Mendagri mengingatkan semua ASN harus netral dalam pilkada 2018 yang dihelat secara serentak 27 Juni mendatang.

Peringatan itu dikemukakan mendagri dalam sambutannya pada peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXII 2018 yang dibacakan Sekdaprov Kalsel, Drs H Abdul Haris Makkie, kemarin.

Menurut mendagri, mendekati penyelenggaraan pilkada serentak 2018 pada 27 juni 2018 di 171 daerah, yang terdiri 17 Provinsi, 115 kabupaten dan 339 kota, ASN harus menjaga netralitas.

Pemerintah akan memberi sanksi tegas jika ada ASN yang tidak netra. Sementara kepada para calon kepala daerah dan para pendukung, diharapkan dapat menjadikan pilkada sebagai kontes beradu ide dan gagasan, bukan menjadi agenda saling serang dan menghujat.

Menyinggung peringatan Hari Otda, enurut mendagri menjadi momen strategis bagi daerah untuk terus berkarya dan berinovasi sesuai dengan karakter budaya, sosial, ekonomi masing-masing.

Inovasi dapat meningkatkan daya saing dan kemajuan perekonomian daerah, serta dapat menjadi peluang untuk mendukung peningkatan kinerja pemerintah daerah.

Inovasi di daerah bukan hanya mampu menjadi solusi berbagai persoalan, tapi juga menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing bangsa di dunia.

Hal lain yang dapat dilihat dari implementasi otonomi daerah, yakni munculnya pemerintahan yang lebih reponsif sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta peran aktif masyarakat dalam memberikan kontrol sosial juga ikut mendorong pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel. (cin/foto: ist)