TV Digital Disosialisasikan

0
1

4a12-3623imt09m5kj5q8ufhiq2

BANJARMASIN– Sosialisasi TV digital dengan tema; Indonesi Goes to Digital yang diselenggarakan Kementerian Kominfo di salah satu hotel di Banjaramsin, dibuka Sekdaprov Kalsel, Drs Abdul Haris MSi, Selasa (24/4).

”Ini merupakan kegiatan yang sangat penting, mengingat kebijakan migrasi dari penyiaran televisi analog ke digital sudah diberlakukan sejak 2008,” ujar sekda.

Dengan kemajuan teknologi serta kebutuhan masyarakat akan informasi yang sangat tinggi, membuat kebutuhan digitalisasi sudah sangat mendesak dan perlu perhatian khusus.

Sementara menurut Ditjen PPI Kementerian Kominfo, Dr Ahmad M Ramli, SH, MH, pada masa transisi sinyal analog dan digital dipancarkan secara bersamaan, dikenal dengan masa simulcast.

Selain untuk tetap menjamin hak masyarakat mendapatkan informasi melalui media tv, tujuan masa transisi agar masyarakat mulai melakukan peralihan ke siaran digital. Pada periode ini masyarakat juga bisa melihat perbedaan kualitas siaran analog dan digital.

“Jadi tanpa harus membeli pesawat tv baru, masyarakat dapat menikmati konten siaran format digital dengan cara menambahkan perangkat converter (yang disebut set top box) pada pesawat TV lama,” terangnya.

Set top box (STB) adalah alat bantu penerima siaran digital yang berfungsi mengkonversi dan mengkompresi sinyal digital sehingga dapat diterima pada pesawat tv analog. (end/foto: ist)