Kebersamaan energi terdahsyat pembangunan

0
2

Banjarbaru – Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor memimpin secara langsung

Peringatan  Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110 tahun 2018, di Lapangan Kantor Sekretariat Daerah Prov Kalsel, Kamis (17/5) pagi.

Gubernur Kalsel membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara, lebih menekan pada pentingnya memperkokoh semangat nasionalisme dan peningkatan kualitas hidup manusia. Selain ini energi terdahsyat pembangunan itu adalah penguatan kebersamaan  seluruh komponen masyarakat.

 Peringatan Harkitnas ke-110 ini merupakan momentum untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan, sebagaimana tercantum  butir kelima dari Nawacita Kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Selain itu, di awal tahun ini, Presiden Joko Widodo juga telah menyatakan dan menekankan untuk meningkatkan pembangunan sumber daya manusia pada tahun 2019, kemudian melanjutkan percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pada tahun-tahun sebelumnya.

“Melalui pembangunan manusia yang terampil dan terdidik, pemerintah ingin meningkatkan daya saing ekonomi dan secara simultan meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya” tulis Menkominfo.

Keberhasilan Boedi Oetomo, dalam menggalang ide nasionalisme dari segelintir orang, kemudian mereka berkumpul dan berorganisasi, sehingga melahirkan semangat untuk meraih kemerdekaan, menjadi semangat untuk membangun sumber daya manusia Indonesia yang unggul, yang mencapai 260 juta lebih penduduk negeri.

Pentingnya pembangunan sumber daya manusia, karena SDM menyediakan kapasitas dan kapabilitas yang sangat luas untuk dikembangkan.

Selain itu, kebangkitan sumber daya manusia ini nantinya akan membawa kepada kejayaan bangsa yang secara otomatis membawa kejayaan bagi individu-individunya sendiri.

Melalui Harkitnas ke-110, sebagaimana tema yang diangkat, yaitu “membangun sumber daya manusia memperkuat pondasi kebangkita nasional indonesia dalam era digital” Menkominfo mengajak untuk memaknainya dengan upaya-upaya penyadaran setia masyarakat indonesa, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang dalam meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri.

Sementara itu, Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin mengajak semua komponen masyarakat, untuk terus berjuang mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Selatan.

Tidak hanya itu, Paman Birin juga mengajak semua komponen masyarakat untuk berjuang memberantas kebodohan, kemiskinan, dan ketertinggalan dalam berbagai aspek kehidupan.Berjuang untuk menghijaukan banua, berjuang memerangi narkoba, berjuang untuk memantapkan semangat NKRI sebagai pilar pembangunan bangsa.

“Perjuangan untuk negeri dan bana ini, sebenarnya tidak pernah berakhir.Selama bangsa ini masih ada, maka tantangan dan perjuangan masih tetap ada. Perjuangan akan terus berlanjut, meski dalam ruang, waktu, dan dimensi yang berbeda” tegas Paman Birin.(rny)