Wagub Rudy Review Pesan RI 1

0
4

BOGOR– Wakil Gubernur Kalsel, H Rudy Resnawan, mereview pengarahan Presiden Joko Widodo terkait pentingnya keselarasan visi pembangunan secara nasional, di Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda se Indonesia.

Rakornas berlangsung di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11). dihadiri unsur kementerian dan lembaga negara terkait.

Usai menghadiri rakornas, Wagub Rudy menjelaskan pesan penting Presiden Joko Widodo untuk keselarasan dan akselerasi visi pembangunan 2019 – 2024.

“Ada beberapa poin penting yang disampaikan Presiden Jokowi. Tema strategisnya menyamakan visi pembangunan 2019-2024, jelasnya.

Menurut walikota pertama Banjarbaru dua periode itu, Jokowi mengingatkan banyaknya negara di dunia tengah menuju resesi lantaran adanya ketidakpastian ekonomi dunia. Sehingga ia patut bersyukur, karena pertumbuhan ekonomi Indonesia masih bisa di atas 5 persen.

“Kita melihat negara lain yang dulu tumbuh 7 persen, sekarang minus. Yang 10 persen turun. Kita patut syukuri pertumbuhan di atas 5 persen,” tandas Rudy.

RI 1 juga mengingatkan saat ini interaksi masyarakat sudah sangat mudah melalui SMS hingga Whatsapp. Pemerintah, kata dia, harus mengantisipasi perubahan perilaku masyarakat tersebut.

“Oleh sebab itu, hati-hati dalam menangani peristiwa sekecil apapun. Melihat sekecil apapun jangan gampangkan, karena dunia banyak ketidakpastian,” urai presiden.

Jokowi kembali mengingatkan peristiwa gelombang demonstrasi di Cile hanya karena kenaikan uang transport 4 persen. Kemudian mundurnya Evo Morales sebagai Presiden Bolivia karena tak mampu menyelesaikan isu kecurangan pemilu.

Presiden, menurut Wagub Kalsel dua periode itu, juga mengatakan peran Forkopimda sangat penting dalam menjaga stabilitas di daerah.

“Karena hubungan antarlembaga, sangat mempengaruhi keharmonisan di daerah,” pungkasnya. (bdm/foto: ist)