Lahirkan Karya Menuju Desa Mandiri

0
2

BANJARMASIN – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas Pendamping Lokal Desa (PLD).

Keberadaan PLD menjadi mitra penting aparat pemerintahan desa untuk melahirkan karya dan inovasi menuju desa mandiri.

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor melalui Asisten I Bidang Pemerintahan Setdaprov Kalsel, Siswansyah mengapresiasi pelatihan kapasitas PLD.

“Minimal akan menjadi forum diskusi, mengingat banyak hal positif bagi peningkatan kapasitas PLD maupun bagi PD (Pendamping Desa),” papar Siswansyah membacakan sambutan gubernur saat membuka pelatihan, Rabu (4/12) pagi.

Pelatihan yang bekerja sama dengan Pemprov Kalsel ini dilaksanakan di Ballroom Hotel Aria Barito pada tanggal 2-7 Desember 2019, diikuti sebanyak 466 PLD Perwakilan dari kabupaten/kota se-Kalsel.

Gubernur mengatakan, peran pendamping desa sangatlah strategis. Dirinya berharap kepada pendamping untuk tidak arogan dan tetap rendah hati.

“Sebagai pendamping jangan pernah merasa lebih apalagi berkuasa. Jangan menggurui, apalagi dengan tetuha desa. Hormati warga setempat dengan saling sharing dan bertukar pikiran,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalsel, Zulkifli mengatakan, dalam pelatihan tersebut dibahas kembali mengenai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) PLD.

“Di sini, kami ingin mengingatkan kembali tugas dan fungsi dasar PLD dalam melakukan pemdampingan desa,” kata Zulkifli.

Kegiatan ini, PLD juga diharapkan dapat bekerja sama dengan Pemerintahan Desa dalam membuat inovasi sesuai dengan potensi yang dimiliki desa.

PLD bersama Pemerintahan Desa diharapkan mampu mengembangkan potensi yang ada agar dapat menjadi sumber pendapatan bagi desa. Selain itu juga dapat meningkatkan status desa menjadi Desa Mandiri.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KEMENDES-PDTT) juga memberikan Piagam Penghargaan kepada Gubernur Kalsel atas prestasinya.

Gubernur Kalsel dianggap Pemerintah Pusat mempunyai prestasi dalam inovasi desa, salah satu yang menonjol yaitu Desa Tiwingan Lama dengan inovasinya. (end)