Update Informasi Terbaru Covid-19 Kalsel, 02 Juni 2020

0
13

Dalam konfrensi pers hari ini, Juru Bicara Covid-19 Kalsel menyampaikan bahwa terdapat penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 21 orang sehingga jumlah total kasus positif sebanyak 969 kasus. Demikian pula untuk jumlah ODP terdapat penambahan sebanyak 16 orang, sehingga saat ini berjumlah 785 orang.

Saat ini, jumlah PDP sebesar 207 orang dan perubahan pada PDP ini terjadi karena adanya dinamika penambahan dan pengurangan PDP, terutama PDP yang berubah status menjadi kasus positif Covid-19. Hari ini tercatat terdapat 3 kasus yang terkonfirmasi positif dan penambahan PDP sebanyak 8 pasien baik yang dirawat di rumah sakit maupun dilakukan karantina khusus.

Dijelaskan pula, pada kasus positif penambahan berasal dari 3 PDP yaitu pasien yang di rawat di RS Bhayangkara asal Banjarmasin, pasien yang dirawat di RS Suaka Insan asal Banjarbaru dan pasien yang dirawat dalam karantina khusus di Kab.Balangan. Kemudian 18 kasus tambahan lainnya diperoleh dari hasil tracing dari surveillance epidemiologi yang terdistribusi di beberapa tempat yaitu 4 kasus di Tanah Bumbu, 1 di Kab Banjar, 10 kasus di Banjarmasin, dan 3 dari Banjarbaru.

Diinformasikan pula, kasus meninggal pada tanggal 1 Juni 2020 yang dirawat di RS Ulin KSCOVID#706 laki-laki berusia 64 tahun asal Banjarmasin. Kemudian informasi terbaru terdapat tambahan PDP yang meninggal dunia tgl 19 Mei dan terkonfirmasi positif hari ini yaitu KSCOVID#834 laki-laki usia 54 tahun asal Banjarmasin, sehingga total pasien meninggal yang terkonfirmasi Covid-19 saat ini sebanyak 89 orang.

Pemerintah Provinsi sangat konsen untuk menyediakan gedung-gedung pemerintah yang memenuhi syarat untuk merawat pasien-pasien terkonfirmasi Covid-19 dengan tidak ada penyakit penyerta dan yang tidak berisiko. Pemerintah siap untuk menggunakan fasilitas gedung tersebut jika terdapat lonjakan pasien yang dirawat, termasuk asrama haji yang ada di Banjarbaru.