Paman Birin Lakukan Kunker ke KPU dan Bawaslu Kalsel

0
3

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melakukan Kunjungan Kerja ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Provinsi Kalimantan Selatan, di Banjarmasin, Rabu (3/6) siang.

Kunjungannya kali ini dalam rangka melihat serta memberi arahan tentang kesiapan menghadapi pemilihan serentak 2020 pada masa Pandemi Covid-19.

Dalam arahannya, Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mengatakan agar KPU Kalsel selaku penyelenggara Pemilu serentak 2020 dapat menjalankan Pemilu tersebut dengan lancar tanpa kendala berarti dan dengan mematuhi persyaratan protokol kesehatan yang berlaku.

“Kita semua terganggu akibat pandemi virus ini, Pemilu 2020 yang sempat tertunda tentu saja diharapkan bisa berjalan sukses, aman, lancar, demokrasi dan tidak terdampak covid. Baik itu petugas KPU, aparat yang bertugas maupun masyarakat yang nantinya datang ke TPS,” ucap Paman Birin.

Paman Birin juga berharap KPU bisa bergerak cepat, tepat dan benar untuk memenuhi segala macam bentuk persiapan.

“Saya berharap, KPU bergerak cepat tepat dan benar, aturan-aturan seperti protokol kesehatan harus cepat di persiapkan, karena Pemilu kali ini agak sedikit berbeda dari Pemilu-Pemilu sebelumnya, kita semua akan menjalani Pemilu ditengah-tengah Pandemi,” tandas Paman Birin.

Gubernur Kalsel juga yakin paling tidak dua lembaga yang selalu menyelenggarakan setiap pelaksanaan Pemilu sudah melakukan persiapan. Bawaslu juga diharapkan dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Disampaikan pula anggaran juga sudah tersedia dalam rencana pelaksanaan Pilkada serentak dan beberapa tahapannya.

Ditegaskan Paman Birin, bahwa pendanaan untuk Pilkada 2020 tidak digunakan untuk kegiatan lain.

Di sisi lain, Gubernur Kalsel meminta penyelenggara Pemilu juga harus berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan pemerintah dalam tiap tahapan Pilkada.