Paman Birin Siap Aplikasikan Arahan Pusat Terkait Penanganan Covid 19

0
20

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, mengucapkan terima kasih atas atensi Presiden Joko Widodo, terhadap upaya percepatan penanganan covid 19.

Ucapan terima kasih itu disampaikan Paman Birin sapaan akrabnya saat memberikan pengantar sambutan terkait upaya percepatan penanganan covid di hadapan Menko Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Nasional Letjend TNI Doni Monardo saat melakukan Monitoring ke Kalsel, Minggu (7/6).

Didampingi Ketua DPRD Kalsel, Forkopimda Provinsi, Bupati dan Wali Kota, dan Sekda Abdul Haris serta pejabat terkait, Paman Birin mengatakan, kedatangan tiga pejabat negara di Kalsel merupakan salah satu wujud perhatian Presiden untuk membantu percepatan penanganan covid.

Terlebih kedatangan para memteri dan Kepala BNPB untuk memberikan solusi percepatan dan bantuan.

”Atas nama masyarakat dan pemerintah daerah kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pak Presiden dan jajaran,” ucapnya.

Paman Birin mengatakan apa yang menjadi arahan dari pemerintah pusat akan segera di terapkan di lapangan dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid 19

“Kita siap menjalankan arahan dari pusat untuk memutus penularan Covid-19,” ungkap Paman Birin

Ia menjelaskan gugus tugas Kalsel sudah bekerja keras dalam penanganan Covid, dirinya sudah menginstruksikan untuk membeli alat kesehatan yang diperlukan untuk mempercepat penanganan pasien Covid namun apa daya terkadang dananya siap barangnya yang langka di pasaran.

“Kita semua harus saling mengingatkan satu sama lain dalam penerapan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari,” imbaunya.

Mengingat hal tersebut penting untuk saling jaga satu sama lain agar wabah Covid cepat berlalu, budayakan hidup bersih, jaga jarak pakai masker dan tetap di rumah kecuali ada hal mendesak yang harus beraktivitas di luar.

Letjend TNI Doni Monardo mengatakan sampai kini vaksin Covid 19 belum ditemukan. Oleh karena itu masyarakat jangan pernah mengabaikan protokol kesehatan.

Pemerintah pusat saat ini terus bekerja dalam rangka perbaikan kondisi perekonomian masyarakat. Karena harus diakui dengan membaiknya pendapatan masyarakat maka semakin mengurangi resiko penularan.

Doni Monardo Ketua Gugus Tugas Nasional mengatakan, kehadiran tim gugus tugas nasional juga sekaligus menyerahkan bantuan 2 unit alat PCR untuk mempercepat hasil tes swab.

“Selain itu kita juga menyerahkan ventilator 4 unit, vitamin, oxygen serta alat pelindung diri,” ungkap Doni.

Menko PMK Muhajir Effendy mengatakan kedatangan gugus tugas nasional dalam rangka Monitoring dan evaluasi. “Kedatangan kami sekaligus menindaklanjuti perintah presiden untuk melakukan koordinasi dengan daerah yang menjadi atensi terkait peningkatan kasus Covid,” ujar Muhadjir

Menkes dr Terawan mengatakan kehadiran mereka untuk melakukan inventarisir apa yang menjadi kekurangan dalam penanganan Covid. “Namun saya melihat semangat kegotongroyongan masyarakat di Kalsel sudah baik dalam rangka menghadapi wabah Covid ini, kita hanya mendorong dan melengkapi apa yang diperlukan,” ungkap Terawan